0852-1691-2030 cs@webhandal.com

Jika Anda baru mengenal WordPress, Anda mungkin tidak terbiasa dengan konsep plugin.

Di posting berikut, kita akan membahas plugin WordPress secara mendalam. Kami akan membahas apa adanya, perbedaan antara plugin gratis dan premium, dan kami akan menawarkan beberapa tip untuk membantu Anda memilih plugin gratis terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. inilah Panduan Lengkap Cara Menginstal Plugin WordPress Untuk Pemula

Kami juga akan menunjukkan tiga metode yang berbeda sehingga Anda bisa menambahkan plugin ke situs WordPress Anda, termasuk panduan langkah demi langkah untuk masing-masing.

Cara Menginstal Plugin WordPress

Pada bagian berikut, kami akan membahas beberapa topik populer yang akan membantu mengenalkan konsep plugin WordPress.

Satu hal penting yang harus diperhatikan adalah bahwa plugin (dalam bentuk yang akan mereka bahas hari ini) tidak dapat ditambahkan ke situs WordPress.com kecuali paket utama digunakan di WordPress.com. WordPress.com adalah platform all-inclusive yang menggabungkan hosting, desain web, plugin tema dan banyak lagi, sedangkan WordPress.org merupakan pendekatan DIY gratis. Anda bisa membaca lebih lanjut tentang perbedaan antara WordPress.org dan WordPress. com, tapi untuk tujuan posting ini, ketahuilah bahwa plugin gratis tidak bisa ditambahkan ke situs WordPress.com.

Apa itu Plugin WordPress?

Sementara WordPress adalah platform yang hebat, dalam keadaan telanjang, agak terbatas. Untuk meningkatkan kerangka kerja, pengguna WordPress mengandalkan masuknya beberapa perangkat lunak tambahan dalam bentuk plugin.

Plugin adalah alat atau aplikasi yang bisa dipasang di situs WordPress untuk memberi tambahan fungsionalitas lebih lanjut. Plugin bisa memuaskan spektrum kebutuhan. Ini dapat berkisar dari peningkatan estetika situs web, seperti menambahkan formulir kontak, slider, dll, atau mengubah formulir dan fungsi situs web seperti menambahkan berbagai plugin untuk membantu kinerja, keamanan, kesehatan penelusuran, dan banyak lagi.

Plugin WordPress Gratis vs Premium

Plugin WordPress hadir dalam dua bentuk: Gratis dan premium.

WordPress dibangun menggunakan perangkat lunak open source, artinya siapapun dapat menambahkan, menyesuaikan atau memperluas framework. Dalam kasus plugin gratis , pengembang dapat membuat plugin dan membuatnya tersedia untuk diunduh dari repositori WordPress . Bagi pengguna WordPress, mengakses plugin ini sesederhana mengunjungi repositori, mencari plugin dan mendownloadnya untuk diinstall ke situs WordPress mereka di tahap selanjutnya.

Premium plugin datang pada harga. Mereka tidak dapat diunduh dari repositori dan akan perlu dibeli dari masing-masing pengembang plugin atau situs agensi.

Ada juga plugin freemium yang tersedia. Di sini, versi plugin yang disederhanakan tersedia secara gratis, dengan fitur canggih dan fungsi khusus untuk pembelian di versi berbayar plugin atau dalam bentuk add-on.

Meskipun tidak ada benar atau salahnya ketika memilih plugin gratis atau premium, sebaiknya coba plugin gratis sebelum melakukan premium. Dengan cara ini, Anda dapat mempertahankan biaya pengembangan web secara keseluruhan dalam jangka panjang.

Bergantung pada persyaratan kebutuhan plugin dan kebutuhan situs web, label harga tidak selalu menunjukkan kualitas yang lebih baik. Sebenarnya, ada beberapa plugin luar biasa yang 100% gratis dan akan selalu ada. Premium plugin umumnya akan datang dengan dukungan khusus, sesuatu yang plugin gratis sering kekurangan.

Sementara plugin gratis bisa diunduh dari repositori, plugin premium akan lebih sering datang langsung dari pengembang plugin atau agensi. Dalam kasus Webhandal , pelanggan kami akan masuk ke akun mereka dan mendownload plugin langsung dari dasbor akun mereka.

Memilih Plugin Gratis

Saat memilih plugin untuk menggunakan repositori WordPress pastikan meluangkan waktu untuk membaca semua info plugin dan meneliti pilihan lain.

Pertama, pastikan Anda melewati semua informasi yang ada di tab utama. Di sini, Anda akan menemukan semua info, ulasan, panduan instalasi, dan link plugin utama untuk forum pendukung.

Informasi tentang plugin WordPress Akismet dari repositori WordPress.org

Selanjutnya, cari info info di sidebar plugin. Di sini, Anda dapat melihat informasi penting lainnya seperti jumlah pemasangan aktif, jumlah ulasan bintang lima, dll.

Rincian Sidebar daftar plugin Akismet di repositori WordPress

Ada beberapa hal yang perlu diingat saat Anda membuat keputusan.

  • Terakhir diperbarui : Plugin perlu terus diperbarui dengan perangkat lunak WordPress terbaru. Pastikan plugin yang Anda pilih kompatibel dengan versi WordPress Anda.
  • Ulasan : Tidak ada yang mengatakan ‘produk ini dapat dipercaya’ seperti ulasan bintang lima. Saat memilih plugin, lihatlah jumlah ulasan hebat dan umpan balik yang menyertainya.
  • Dukungan : Dukungan untuk plugin gratis agak rumit karena tidak dijamin di seluruh papan. Anda perlu meluangkan sedikit waktu untuk menyelidiki beberapa pertanyaan dan jawaban di forum dukungan. Ini akan memberi Anda ide bagus mengenai apa yang dapat Anda harapkan jika Anda memutuskan untuk menggunakan plugin ini, dan juga, ini akan membantu Anda memastikan bahwa pengembang plugin berkomunikasi dengan pengguna plugin mereka.

 

Cara Memasang Plugin di Website WordPress Anda

Panduan berikut akan membawa Anda melalui proses pemasangan plugin ke situs WordPress Anda.

Sementara plugin semuanya terpasang dengan cara yang hampir sama, masing-masing akan memiliki pilihan dan pengaturan konfigurasi yang unik jadi pastikan untuk mengikuti panduan atau catatan dokumentasi yang ditawarkan oleh berbagai pengembang plugin atau agensi.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah plugin akan dipasang di lokasi yang berbeda di sekitar situs WordPress Anda. Terkadang, mereka akan membuat item menu mereka sendiri, atau mereka bisa duduk di menu Appearance or Settings. Jika perlu, cari di seputar berbagai bagian dasbor WordPress Anda.

Instal Plugin dari WordPress Plugin Search

Cara termudah untuk menginstal plugin ke situs WordPress Anda adalah dengan menggunakan fungsi pencarian plugin. Untuk ini, navigasikan ke Plugins> Add New dan cari bilah pencarian.

Tambahkan Plugin Baru ke WordPress

Di bilah penelusuran, ketik nama plugin, atau fungsi yang Anda inginkan untuk dicapai plugin. Untuk demonstrasi ini, saya akan memasang Formulir Caldera – sebuah plugin formulir kontak yang menawarkan fungsionalitas luar biasa dalam versi gratis.

Setelah Anda mencari dan menemukan plugin yang diinginkan, klik tombol Install untuk memulai proses instalasi.

Instal plugin Caldera Forms di WordPress

 

Setelah proses instalasi selesai, klik tombol Aktifkan biru  . Perhatikan, Anda harus klik Activate , jika tidak, plugin tidak akan bekerja.

Aktifkan Formulir Kaldera di WordPress

 

Setelah diaktifkan, plugin siap untuk pergi. Beberapa mungkin telah menyiapkan dan opsi konfigurasi yang harus dijalankan sebelum Anda dapat menggunakannya. Pastikan untuk memeriksa dokumentasi plugin.

Dalam contoh Caldera Forms , plugin ini menciptakan menu uniknya. Jika plugin yang telah Anda pasang dan aktifkan tidak membuat menu sendiri, cari di menu Settings, Plugins, Appearance untuk mencari plugin.

Formulir Kaldera dipasang di situs WordPress

Instal Plugin Menggunakan Fungsi Plugin Upload Admin

Cara lain yang mudah untuk menambahkan plugin adalah dengan menggunakan fungsi Admin Upload Plugin . Untuk ini, Anda harus memiliki file plugin yang ada, yang sebelumnya didownload dari repositori WordPress , siap untuk diunggah.

Pergilah ke WordPress Repository dan cari plugin yang diinginkan. Ingatlah untuk memeriksa statistik plugin (yaitu jumlah pemasangan aktif, ulasan, tanggal pembaruan terakhir, dll.). Anda juga dapat menemukan informasi penting di sini, seperti dokumentasi plugin, forum dukungan, informasi pemasangan dan banyak lagi.

Setelah menemukan plugin (misalnya, Yoast) klik tombol Download (download akan dimulai secara otomatis).

Download Plugin Yoast dari WordPress Repository

Setelah selesai, Anda akan menemukan file .zip di folder Downloads komputer Anda.

WordPress menggunakan format file .zip untuk menambahkan tema dan pluginnya. File .zip yang baru saja selesai diunduh adalah file yang benar yang perlu diunggah. Anda tidak perlu melakukan apapun untuk file ini sama sekali. Jika Anda memutuskan untuk membuka dan unzip file .zip, ingatlah bahwa hanya file .zip yang akan diterima.

Di menu Plugin> Add New , klik tombol Upload Plugin .

Tambahkan Plugin Baru ke WordPress

Kemudian, klik Choose File dan cari melalui unduhan terbaru untuk menemukan plugin. Pilih file .zip plugin dan klik  Install Now .

Instal plugin di WordPress

Sekarang, biarkan instalasi berjalan dengan sendirinya, dan, sekali selesai, ingatlah untuk mengklik Activate.

Aktifkan Plugin Baru WordPress

 

Sekali lagi, jika ada pengaturan konfigurasi yang spesifik, seperti halnya dengan Yoast SEO, lihat panduan plugin individual.

Sekian Panduan Lengkap Cara Menginstal Plugin WordPress Untuk Pemula

Kami ingin mendengar dari Anda!

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar, pastikan untuk meninggalkan mereka di bawah ini. Kami senang menerima umpan balik Anda.

Terima kasih sudah membaca!

1
×
Hai, jika perlu bantuan bisa balas chat ini ya