Tips Membuat List Produk untuk Memulai Bisnis

Membuat list produk apa yang akan dijual memang susah-susah gampang. Di fase ini sering membuat pebisnis pemula bimbang. Agar tidak terjebak dalam kebingungan, sebaiknya terapkan tips dan trik berikut ini ya! Selengkapnya silakan baca arikel ini sampai habis.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis, tapi menentukan produk apa yang akan Anda jual merupakan langkah yang sangat penting.

Dari sekian banyak produk yang ada di pasar, produk mana yang tepat untuk Anda perjuangkan dengan modal, sepenuh hati, tenaga dan pikiran?

Karena saat memulai bisnis dan Anda memilih niche yang salah atau produk yang tidak tepat, berarti Anda telah gagal sebelum memulai.

Ikuti tips membuat list produk untuk memulai bisnis berikut ini:

Pertama: memilih produk berdasarkan pengetahuan yang kita miliki, produk apa yang sangat Anda kuasai. Luangkan waktu sejenak untuk memikirkan hal yang Anda sukai, ketahui dan kenali dengan baik. Misalnyaon Unsplash

Anda menggunakan hijab dan sudah sering membeli berbagai macam hijab, Anda jadi bisa mengetahui bahan hijab ternyaman. Bisa jadi ini adalah produk yang pas buat Anda jual.

Contoh lain, misalnya dari pengalaman Anda bekerja di sebuah bengkel, Anda jadi lebih tahu tentang tipe-tipe suku cadang. Dan bahkan
mungkin Anda kenal baik dengan pihak produsen.

Pengetahuan dan pengalaman Anda adalah poin tambahan yang dapat Anda manfaatkan untuk mendalami kategori suatu produk. Anda juga bisa menemukan banyak inspirasi dari hashtag media sosial, seperti Instagram atau Pinterest.

Kedua, pelajari trend di luar negeri. Biasanya produk yang sedang trend tahun ini di Singapura, Korea, Amerika, tahun depannya akan menjadi trend di Indonesia.

Misalnya saat kita flashback sebentar beberapa tahun lalu, kita melihat bahwa masker aloevera gel sangat trend di Korea tahun 2018 kemarin. Dan benar saja setelah itu kita melihat banyak sekali penjual dan peminat masker aloevera gel ini di Indonesia.

Ketika Anda bisa lebih dulu mengenali trend yang ada di luar negeri, bisa memproduksi sendiri atau punya relasi supplier yang bisa
mensupport produk tersebut maka Anda selangkah lebih maju dari pada kompetitorAnda.

Ketiga, pilih produk yang punya nett margin 20%-30% dengan harga normal dan pilih yang potensial market sizenya lebih dari 10.000.000 orang. Pastikan ketika Anda akan

Produk, secara hitungan margin masuk. Sehingga ketika Anda berjuang untuk membuat produk ini laku keras, maka Anda juga mendapatkan keuntungan.

Selain itu agar ketika menjual produk tersebut Anda tidak ngos-ngosan, pastikan potensial market sizenya lebih dari 10.000.000 orang. Jangan sampai nantinya Anda kesulitan menjual produk karena memang peminatnya yang kurang.

Itu adalah beberapa cara yang bisa dipakai untuk membuat list produk sebelum memulai bisnis. Selamat mempraktekannya ya!

Semangat terus untuk Anda yang tetap berjuang menyelamatkan perekonomian di Indonesia. Di tengah Virus Corona yang melanda,

 

Sumber Artikel Aksoro

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

Butuh Bantuan?

Masukkan Nama  & Email untuk terhubung langsung dengan kami

Selanjutnya akan di arahkan ke Whatsapp
Chat Sekarang
1
Halo, apa yang bisa kami bantu?, bisa langsung chat aja di sini..!