Kenapa Anda Harus Membuat & Memiliki Website Toko Online Untuk Bisnis Anda?

Di zaman serba internet saat ini, membeli apapun lewat toko online di internet sudah bukan merupakan hal sulit. Dengan bermodalkan handphone orang bisa mencari barang yang diinginkan, dan membelinya dengan sangat mudah dan cepat.

Sebagai seseorang pembisnis maka kita harus melihatnya dari arah berlawanan. Yaitu ketika sebuah trend sedang bergerak menuju ke online shopping, maka kita bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan pendapatan tambahan melalui internet. Semakin banyak orang memiliki akses ke internet, semakin besar pula peluang bisnis yang bisa kita lakukan melalui internet.

Coba perhatikan fakta berikut:

  1. Sebanyak 79% konsumen Indonesia menemukan produk / brand baru dari mesin pencari Google.
  2. 77% konsumen akan mengunjungi website atau toko sebuah brand, setelah meneliti brand tersebut di Internet
  3. Dan konsumen di Indonesia, 92% akan membeli produk pada bisnis yang memiliki website atau aplikasi.

Data ini dilansir dari Center For Risk Management Studies ( CRMS ) Indonesia tahun 2016

Tahun ini diperkirakan akan mencapai puncaknya pertumbuhan e-commerce, hampir $ 2,5 triliun lho. Di AS sendiri, pertumbuhan e-commerce diantisipasi berada di suatu tempat antara 11,6 dan 16,5 persen 2013-2018.

Pertanyaannya adalah, kenapa harus membuat toko online?

Alasannya sederhana yaitu karena website dapat diakses dari seluruh dunia sehingga dapat dilihat oleh calon konsumen selama 24 jam sehari, 365 hari setahun.

Ratusan juta orang online setiap harinya untuk menggunakan email, chatting, mencari informasi, membeli produk di toko online, bahkan untuk hiburan semata.

Berikut 7 alasan kenapa Anda harus membuat website atau toko online sekarang juga.

1. Meningkatkan Branding.

Untuk meningkatkan branding di mata konsumen Anda seharusnya memiliki website yang bisa di akses 24 jam tanpa henti, kenapa? Berikut alasannya,

Misal jualannya baju bayi… nah kalo pake Website toko online dengan namanya bagus, memberikan value tinggi, plus kepuasan yang jempol, maka saat itu consumen mau “kembali” belanja, sudah nancep dibenaknya. Dia tinggal klik ke www.domainanda. com ( alamat toko anda )

2. Mengumpulkan Database

Taukah Anda website bisa mengumpulkan informasi tentang pelanggan Anda secara otomatis.  Dengan mengetahui informasi berharga tentang siapa, dari mana, untuk apa, hobi, profesi dan lain-lain tentang pelanggan Anda ini akan sangat memudahkan dalam meng-follow up calon pelanggan baru.

Melalui website menungkinkan Anda untuk mendapat data seperti Nomor handphone, dan email dengam mudah, Tidak ada media lain yang memungkinkan Anda untuk melakukan hal ini begitu murah.

Anda pun bisa mendapatkan Data pixel (rekaman Facebook) siapa dan dari mana saja yang berkunjung ke toko Anda dan di catat dengan rapi. supaya nanti bisa kita bidik ulang untuk keperluan iklan, jadinya iklan Anda tidak sia-sia

Anda juga bisa mendapatkan Data analytic. Jika website bisa di analytic Anda akan tau berapa jumlah traffic, sehingga bisa menilai apakah kinerja toko kita bagus?

3. Membangun TRUST.

Seperti yang dapat anda bayangkan, Kunci toko online sukses adalah pemilik bisnis harus membangun kepercayaan dan kredibilitas pada konsumen. Dalam artian harus memiliki aspek yang menarik konsumen, dan memberikan navigasi yang user-friendly.

Tampilan desain web menarik adalah cara yang tepat untuk menanamkan kepercayaan dimata pelanggan/calon pelanggan dan dapat meningkatkan penjualan serta keuntungan.

Konsumen jauh lebih percaya pada penjual yang bener-bener serius menekuni bisnisnya, website bisa meningkatkan kepercayaan itu karena konsumen bisa dengan mudah mendapatkan nomor kontak Anda di website.

Dengan memiliki website Anda bisa meningkatkan layanan pelanggan misalnya dengan memberikan jawaban atas pertanyaan atau sering di sebut dengan FAQ yang sering diajukan oleh calon pelanggan dan pelanggan Anda serta memberikan informasi yang Up-to-date bagi pelanggan setia Anda.

Anda dapat membuat up-to-date informasi produk tersedia bagi pelanggan di seluruh dunia, memiliki website juga akan lebih mudah, murah dan cepat untuk memperbarui segala informasi yang di butuhkan daripada mencetak brosur, daftar harga atau katalog,

Penjualan langsung dan permintaan informasi dapat diproses secara otomatis dan langsung, apakah ada orang di kantor atau tidak. Formulir online dapat digunakan untuk memungkinkan pelanggan untuk meminta kutipan atau meminta informasi lebih lanjut. Fitur ini sendiri akan mengurangi biaya operasional Anda sekurang-kurangnya 25%.

4. Biaya Relatif Lebih Murah.

Membuat sebuah toko online tidak akan memakan biaya besar dibandingkan dengan membuka sebuah toko offline atau toko fisik, Cek harga pembuatan website disini .Dengan toko online, sistem order bisa dibantu oleh teknologi, sehingga customer bisa berbelanja tanpa harus ada kehadiran karyawan.

5. Akses Tanpa Batas.

Terbuka untuk konsumen 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Toko online tidak pernah tutup.
Bisa diakses dari mana saja, potensi customer jauh lebih luas. Selama ada koneksi internet, customer bisa berkunjung ke toko online Anda.

Dengan Website juga bisa memperluas pasar Anda. Jika ingin produk Anda go internasional Manfaatkan sistem teknologi canggih yang di rancang tanpa batas negara, sehingga pelanggan Anda memiliki akses ke toko online Anda kapan saja.

6. Pre & Post Sales.

Anda bisa membuat sebuah sistem untuk mengedukasi konsumen tentang produk Anda sebelum mereka membeli, dan memberikan dukungan atau meminta testimonial setelah mereka membeli.

Sangat mudah mendatangkan customer dibandingkan dengan toko offline. Dengan strategi tertentu, Anda bisa dengan mudah mendatangkan customer (baca: traffic) ke toko online Anda secara terus menerus. Dan apabila ternyata customer tersebut menyukai belanja di tempat Anda, maka Anda bisa meningkatkan budget dari iklan di sistem Anda untuk mendatangkan customer lebih banyak lagi.

7. Tidak perlu punya Produk.

Inilah kehebatan toko online di bandingkan dengan toko fisik, dengan memiliki website toko online yang aktif 24 jam Anda tak perlu nyetok produk bahkan tak punya produk pun bisa jualan. Nah, caranya gemana tuh…?

Dengan toko offline, Anda harus memiliki stock yang banyak sehingga orang yang datang ke toko Anda bisa memilih produk yang diinginkan. Kalau toko Anda kosong, maka orang juga tidak akan berminat untuk datang. Sementara di toko online, Anda bisa menggunakan sistem dropship, dimana Anda tidak memiliki barang, dan hanya menunjukkan foto produk tersebut. Kalau customer memesan, maka barulah Anda melakukan order ke supplier Anda, dan supplier Anda mengirimkan produk yang dipesan tersebut langsung ke customer Anda.

Jika Anda tidak membangun web / toko online dan hanya mengandalkan media sosial, sangat disayangkan. Kenapa? Karena medsos sifatnya sementara (sering berpindah2 trend), saat kita sudah capek bangun liker, follower sudah banyak, tapi kemudian era menurun, trend berpindah. Kita gigit jari.. karena harus mengulang dari awal..

Nah kalo sudaj ada Website, minimalnya orang sudah teredukasi, tidak usah dari awal. Tinggal buka medsos baru, jadikan sumber traffic baru.

Selain itu, namanya medsos yang punya bukan kita, Kita cuma numpang nah sangat ketat sama peraturannya. Saat kita kena banned, atau dilenyapkan, kita gak bisa apa – apa.

Jika saja sudah punya web dan sudah teredukasi di benak konsumen, tidak usah mulai dari nol tinggal bikin akun medsos baru dan arahkan audiens jadi traffic ke web.

Pertanyaan lainnya “Tapi kan gak terlalu tinggi juga konversi dari Toko Online? Banyaknya via chat juga?”.

Walaupun demikan, ya tetap anda butuh toko online / web, biarkan jadi bahan EDUKASI saja. Edukasikan audiens anda agar mengingat alamat toko online anda, Sehingga beberapa tahun kemudian ketika mereka memerlukan produk yang anda jual, mereka tinggal buka browser dan ketikkan alamat toko online anda.

Soal produk beli dari tokopedia, bukalapak dan lain-lain, itu hanya sumber produk atau supplier suplaer. Toko online ya tetap perlu. Kalau anda bingung bagaimana membuat toko online yang simple, langsung Klik :

PANDUAN LENGKAP BUAT TOKO ONLINE ANDA SENDIRI​​​​​. ​

Anda bisa memulai membuat Toko Online Profesional Anda Sendiri GRATIS!!

Bingung cara bikinnya? Disana sudah ada tutorialnya ikuti aja step by step. Mudah, murah, lengkap! Bisa tempel pixel, tombol beli, keranjang beli, chat on website, dll.

Jadi, pahamkan Kenapa Anda Harus Membuat & Memiliki Website Toko Online Untuk Bisnis Anda?

Semoga bermanfaat.
Sampai ketemu lagi di artikel berikutnya.
Jangan lupa bahagia, Salam Berkah berkelimpahan…